Wednesday, January 2, 2013

BILA DOA BELUM TERKABUL


BILA DO’A BELUM DIKABULKAN

Saya sudah sering berdo’a tapi belum juga terkabul, apa yang harus saya lakukan ?

                Do’a merupakan permohonan seorang hamba kepada Khalik-Nya, sebagai bukti bahwa hamba-Nya itu adalah makhluk yang dlaif. Sesungguhnya Allah swt. Akan selalu mengabulkan permintaan hamba-Nya yang berdoa dengan sungguh-sungguh.
                “…….Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan doamu..” (Q.S. Al Mu’min 40:60)
                Hanya saja bentuk pengabula doa itu bermacam-macam, ada yang cash/kontan ada juga delayed/tertunda, sebagaimana dijelaskan dalam riwayat berikut,
                “ tidak ada seorang muslim yang menghadapkan mukanya kepada Allah untuk berdoa, kecuali Allah akan mengabulkannya. Kadang-kadang pengabulannya dipercepat dan kadang ditangguhkan. “ (H.R. Ahmad dan Hakim)
                Secara manusiawi, kita akan merasa sumpek, bahkan putus asa kalau berdoa belum dikabulkan. Padahal, kemungkinan besar ini yang terbaik untuk kita. Ingat, ilmu kita sangat terbatas, sementara ilmu Allah swt. Maha luas.
                “….Bisa saja kamu membenci sesuatu padahal hal itu baik untuk kamu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal hal itu buruk bagi kamu. Dan Allahlah yang mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Q.S. Al Baqarah 2:216)
                Bertolak dari bimbingan ayat ini, kita harus berlapang dada kalau doa belum dikabulkan karena mungkin itulah yang terbaik bagi kita. Jangan putus asa dari rahmat Allah swt. Walau belum terkabulkan, berdoalah terus, dan yakinlah bahwa Allah memberikan yang terbaik pada kita. Wallahu Alam.

No comments: