Thursday, January 3, 2013

ORANG GILA MASUK SURGA


ORANG GILA MASUK SURGA

Apakah orang gila akan masuk surga ?

                Orang yang sakit ingatan tidak terkena kewajiban apapun, termasuk di dalamnya kewajiban shaum, shalat, dll. Sebagaimana dijelaskan dalam riwayat yang sahih berikut ini.

                “ Allah tidak memberikan taklif ( kewajiban ) kepada tiga macam manusia, yaitu : anak kecil hingga ia baligh, orang yang tak sadarkan diri hingga ia sadar, dan orang yang sakit jiwa hingga ia sembuh. “

                Jadi, orang yang sakit ingatan tidak perlu dibayarkan fidyahnya kalau tidak melaksanakan shaum karena ia tidak terkena taklif.

                Apakah mereka akan masuk surga ? masuk surga atau neraka, itu otoritas Allah, bukan otoritas kita. Namun kita wajib yakin bahwa Allah swt. Tidak mungkin berbuat zalim kepada hamba-Nya.

                “ sesungguhnya Allah tidak akan berbuat zalim sekecil apapun, dan jika ada kebaikan sebesar atom, niscaya Allah akan melipatgandakannya dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar. “ (Q.S. An-Nisa 4:40)

                Orang yang sakit ingatan tidak bias mengakses kebenaran, karenanya tidak mungkin Allah swt. Mengazab orang yang sakit ingatan saat mereka tidak melaksanakan kewajibannya. Jadi, orang yang sakit ingatan lebih berpeluang masuk surga ketimbang orang yang ingatannya normal namun tidak mau melaksanakan kewajibannya. Wallahu Alam. 

No comments: